Mengupas dan Membahas Masalah Agama

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Bud-Kar Blog - - 0 komentar

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ustadz Ahmad,Saya pernah mendengar Quraish Shihab mengatakan bahwa bahasa Al Qur'an dan Bahasa Arab itu berbeda. Sebetulnya dimana letak atau bagaimana perbedaannya?
Seperti yang dikatakan-Nya dalam Al Qur'an, mengapa Al Qur'an sulit ditiru walaupun satu ayat? dimana letak kesulitan bagi para penyair itu menirukan bahasa Al Qur'an?
Saya mohon sekali jawabannya. Jazakumullahu.

 Wassalamualaikum Wr Wb.
 Ajie Ewin

Jawaban :
Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Al-hamdulillah, wash-shalatu wassalamu 'ala rasulillah, wa ba'du
Bahasa Arab adalah bahasa yang secara resmi digunakan Allah SWT dalam firman-Nya dalam bentuk Al-Quran Al-Kariem. Dalam hal bahasa, tidak bisa dipungkiri bahwa Al-Quran itu berbahasa arab. Salah besar bila ada sementara pendapat yang mengatakan bahwa Al-Quran bukan berbahasa arab. Bahkan Allah SWT sendiri yang menyebutkan bahwa bahasanya memang bahasa arab.
Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur'an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.(QS. Yusuf : 2)
Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan dalam bahasa Arab . Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap Allah.(QS. Ar-Ra'd : 37)
Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: "Sesungguhnya Al Qur'an itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya ". Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan Muhammad belajar kepadanya bahasa 'Ajam , sedang Al Qur'an adalah dalam bahasa Arab yang terang.(QS. An-Nahl : 103)
Dan demikianlah Kami menurunkan Al Qur'an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau Al Qur'an itu menimbulkan pengajaran bagi mereka.(QS. Thaha : 113)
Dan sesungguhnya Al Qur'an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin, ke dalam hatimu agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.(QS. Asy-Syu'ara : 192-195)
Yang membedakannya dengan selain ayat Al-Quran adalah dari sisi kualitas nilai sastranya yang teramat tinggi, sehingga semua ahli sastra dan penyair Arab tahu persis bahwa tak mungkin ada seorang pun yang mampu menandinginya. Sedemikian indah ungkapan-ungkapan Al-Quran dalam bahasa Arab sehingga orang-orang kafir Quraisy yang sangat keras permusuhannya kepada Rasulullah SAW, justru diam-diam sangat mengagumi keindahan Al-Quran dari segi nilai sastranya. Bahkan mereka secara sembunyi-sembunyi seringkali mencuri dengar ayat Al-quran bilamana ada ayat yang sedang dibacakan.
Disitulah salah satu letak kemukjizatan Al-Quran yang hingga hari ini masih tetap eksis. Sementara nyaris semua mukjizat para nabi tidak bisa disaksikan lagi kecuali tinggal cerita. Adapun mukjizat Al-Quran adalah keindahan tata bahasa dan sastranya, yang semua orang pada hari bisa melihat dengan jelas dan nyata.
Sayangnya umat Islam di negeri kita justru buta bahasa arab, sehingga salah satu mukjizat Al-Quran menjadi lenyap di mata kita. Sayang sekali...
Wallahu a'lam bish-shawab, Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Ahmad Sarwat, Lc

Leave a Reply