Mengupas dan Membahas Masalah Agama

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Bud-Kar Blog - - 17 komentar

Apakah Allah SWT mau memaafkan seseorang yang sudah pernah berzina?

Yulianto

Jawaban:
Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Al-hamdulillah, wash-shalatu wassalamu 'ala rasulillah, wa ba'du
Tidak ada jalan apapun bagi orang yang pernah melakukan dosa termasuk zina selain bertobat dan minta ampun kepada Allah SWT. Taubat itu harus dimotivasi oleh rasa sesal yang teramat mendalam hingga tidak pernah lagi terlintas di kepala untuk mengulanginya. Bila sampai taraf demikian maka benarlah bahwa taubat itu menghapus dosa sebelumnya.
Dan pintu taubat tetap terbuka penuh kapan pun sampai datangnya hari kiamat. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam salah satu sabdanya:
Dari Abi Musa Abdullah bin Qais Al-Asy'ari ra dari Nabi SAW berkata, "Sesungguhnya Allah SWT tetap mengulurkan tangannya pada malam hari agar orang yang bermaksiat pada siangnya bertaubat. Dan masih mengulurkan tanggannya pada siang hari agar orang yang bermaksiat pada malam hari bisa bertaubat. Sampai matahari terbit dari arah barat (terjadinya kiamat)." (HR Muslim)
Selain itu Allah SWT berfirman:
Maka barangsiapa bertaubat sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al-Maidah: 39)
Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS Al-Baqarah: 222)
Dan khusus taubat dari dosa zina, Rasulullah SAW pernah menghukum mati pelaku zina. Namun ending dari kisah kedua orang itu adalah surga.
Orang yang pertama adalah Maiz. Beliau datang kepada Rasulullah dengan pengakuan telah berzina. Namun Rasulullah SAW tidak menerima pengakuannya. Pada kali berikutnya, Maiz datang lagi dengan pengakuan yang sama, barulah kemudian beliau SAW merajamnya. Melihat hal itu sebagian orang ada yang berkomentar bahwa Maiz telah celaka karena kesalahannya terlalu berat. Namun sebagian lagi mengatakan bahwa tidak ada taubat yang lebih benar kecual taubatnya Maiz. Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh Maiz telah bertaubat dengan taubat yang bila dibagikan kepada seluruh ummatnya pasti akan mencukupi."
Orang kedua adalah seorang wanita (dari kabilah) Ghamidiyah dengan kasus yang mirip, di mana dia datang kepada Rasulullah SAW dengan pengakuan telah berzina dan minta dirajam. Rasulullah SAW menolak permintaannya. Esok harinya wanita itu datang lagi dengan maksud yang sama dan berkata, "Ya Rasulallah, janganlah Anda tolak permohonanku sebagaimana Anda menolak pengakuan Maiz. Demi Allah, aku telah hamil."
Rasulullah SAW bersabda, "Kalau begitu pergilah hingga kamu melahirkan." Ketika wanita itu telah melahirkan, datanglah dia bersama dengan bayinya, namun Rasulullah sekali lagi menolaknya dan meminta agar wanita itu menyempurnakan penyusuan bayinya. Setelah bayi itu sempurna penyusuannya, wanita itu kembali lagi mendatangi Rasulullah SAW dengan bayinya dan sekerat roti di tangan bayi itu dan berkata, "Ya Rasulallah, aku telah sempurnakan penyusuannya. Bayiku telah bisa makan makanannya sendiri. Lalu bayi itu diserahkan kepada seseorang muslim."
Lalu Rasulullah SAW memerintahkan untuk menjalankan eksekusi dan wanita itu dipendam di tanah sebatas dadanya dan meminta orang-orang mulai merajamnya. Khalid bin Walid melemparinya dengan batu kepalanya hingga darah memercik dari kepalanya sambil memakinya. Makian Khalid itu terdengar oleh Rasulullah SAW dan beliau bersabda, "Ya Khalid, demi Allah Yang jiwaku berada di tangannya, wanita ini telah bertaubat yang bila taubatnya itu dibagikan kepada penduduk, maka Allah mengampuninya." Kemudian wanita itu dishalati dan dikebumikan.
Dari dua kisah yang terjadi di masa lalu, kita simpulkan bahwa bila seseorang bertaubat ataz zina yang pernah dilakukannya dengan taubat yang sesungguhnya serta diiringi dengan minta ampun kepada Allah, penyesalan dan meninggalkan semua dosa-dosa itu, lalu memulai kehidupan yang baru yang jauh dari dosa dan suci dari noda, maka sesungguhnya Allah akan mengampuni dan memasukkan hambanya yang bertaubat itu ke dalam kelompok orang-orang yang shalih.
Sedangkan cara taubat yang benar antara lain adalah:
1. Adanya penyesalan yang merasuk ke dalam hati atas apa yang pernah dilakukannya itu.
2. Meminta ampun kepada Allah seta bermohon agar catatan amal buruknya itu dihapuskan selam di dunia ini.
3. Tidak mengulangi dan meninggalkan seluruhnya semua perbuatan yang demikian itu.
Dan lebih baik bila perbuatan buruk itu dihapus dengan perbuatan baik yang besar karena Allah berfirman:
Sesungguhnya amal baik itu menghapus amal yang buruk. (QS Huud:114)
Misalnya dengan menyumbangkan harta yang besar untuk faqir miskin, atau membangun masjid, atau membangun pesantren dan lembaga pendidikan atau mewakafkan perusahaan yang produktif agar penghasilannya bisa digunakan untuk kepentingan umat Islam.
Amal di sini diutamakan yang bersifat jariyah atau yang pahala terus mengalir meski si pelakunya sudah wafat. Karena dengan itu maka pahala kebaikan akan terus mengalir tanpa henti. Dengan demikian sedikit demi sedikit akan menghapus dosa-dosa yang ada.
Wallahu a'lam bish-shawab, Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Ahmad Sarwat, Lc.

17 Responses so far.

  1. Ooh Deo says:

    Assalamualaikum,

    Benarkah cerita seperti di bawah ini?:
    -----------------------------------------------------------------
    CARA MENSUCIKAN DIRI SETELAH MELAKUKAN ZINA (Kisah Sahabat Rasulallah)

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

    Suatu hari, Rasulullah sedang duduk di dalam masjid bersama para sahabat. Tiba-tiba datanglah seorang wanita yang kemudian masuk ke dalam masjid. Dengan ketakutan, wanita tersebut mengaku kepada Rasulullah bahwa dia telah berzina. Mendengar hal itu, memerahlah wajah Rasulullah SAW seperti hampir meneteskan darah. Kemudian beliau bersabda kepadanya, Pergilah, hingga engkau melahirkan anakmu.

    Sembilan bulan berlalu, wanita itu akhirnya melahirkan. Dihari pertama nifasnya, dia datang kembali membawa anaknya, dan berkata kepada Rasulullah SAW: Wahai Rasulullah, sucikanlah aku dari dosa zina
    Rasulullah melihat kepada anak wanita tersebut, dan bersabda: Pulanglah, susuilah dia, maka jika engkau telah menyapihnya, kembalilah kepadaku.

    Dengan sedih, wanita itu akhirnya kembali lagi kerumahnya.

    Tiga tahun lebih berlalu, namun si wanita tetap tidak berubah pikiran. Dia datang kembali kepada Rasulullah untuk bertaubat. Dia berkata: Wahai Rasulullah, aku telah menyapihnya, maka sucikanlah aku!

    Rasulullah SAW bersabda kembali kepada semua yang hadir disana, Siapa yang mengurusi anak ini, maka dia adalah temanku di surga

    Sesaat kemudian beliau memerintahkan agar wanita tersebut dirajam. Setelah wanita tersebut meninggal, beliaupun menshalatinya.

    Melihat hal tersebut, umar Bin Khatab merasa sangat heran sekali. Beliau berkata: Engkau menshalatinya wahai Nabi Allah, sungguh dia telah berzina!.

    Rasulullah kembali bersabda: Sungguh dia telah bertaubat dengan satu taubat, yang seandainya taubatnya itu dibagikan kepada 70 orang dari penduduk Madinah, maka taubat itu akan mencukupinya. Apakah engkau mendapati sebuah taubat yang lebih utama dari pengorbanan dirinya untuk Allah? (HR. Ahmad)

    Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua

    Catatan : ini menunjukan, Bahwa Dosa berzina tak akan Hilang kecuali dengan Cara seperti Rasulullah,Jika Dosa berzina Bebas dengan Cara bertaubat, maka Sudah jelas Rasulullah juga tidak akan menghukum Rajam pada wanita tersebut.. Tak Cukup Hanya membaca istighfar,tak Cukup Hanya bertaubat.

    Tetapi Cukup dengan Hukuman seperti di atas,jika pezina itu Adalah Muhson ( sudah menikah ),maka Hukumannya adalah Rajam sampai ajalnya seperti Hadits di atas,jika pezina itu Ghoir Muhson ( belum menikah ) maka Hukumannya Di Cambuk dengan 100 kali Cambukan.

  2. Unknown says:

    Klw sesulit itu musti hukuman mati jika telah berzina, katanya allah maha pengampun, maha itu artinya tak ada pengecualian. Jika masih ada pengecualian atinya benar tdk bs di ampuni sm sekali melainkan di hukum mati, mending ayo semua pindah agama cari agama yg bisa mengampuni dosa besar.

  3. Unknown says:

    @rindye: maksud'y agama yg tuhan'y pernah nete ASI sama pup d popok?

  4. Unknown says:

    Dosa zina antara dosa besar. Tp ada firman Allah yg tertulis, "org org yg berbuat keji dari kalangan kamu, org org beriman, hendaklah kamu hukum mereka. Kecuali sekiranya mereka bertaubat dan memperbaiki amalnya sebelum kamu dapat menguasai mereka. Maka biarkanlah mereka. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyantun." jelaslah sesungguhnya Allah maha pengampun. Jgnlah kita membicarakan mengenai Allah tentang apa yg kita tidak ketahui sprti mana yg Allah firmankan dlm Al Quran byk kali mengenai org org yg membicarakn mngenai Allah tanpa ilmu dan hanya mnduga duga. Bimbang nanti, kita mahupun org org yg kita sayang, trjerumus dlm kesalahan yg sama. Saat itu, di mana lagi keampunan yg akn kita dapati? Tentulah hanya kpd Allah dan bknnya kpd batu yg direjam kpd kita.

  5. Unknown says:

    Kisah yg dilampirkn oleh saudara itu sbnrnya mmpunyai maksud dimana wanita itu mnyrah diri kpd Rasullullah utk dihukum. Ttp Rasulullah s.a.w ttp mngelak utk mnghukumnya bberapa kali. Namun wanita itu ttp mahu dihukum krn hanya dgn dihukum dia akn merasa tenang. Krn itu Rasulullah menghukumnya dan menjelaskn, taubat wanita itu boleh mengisi taubat buat seluruh org dia madinah. Keterangan saudara di atas mnjelaskn agama kita ini adalah mandatori dan tanpa belas kasihan. Sdgkn Allah itu maha pengasih. Pnjelasan sbegini akn mnyebabkn org org yg brdosa brputus asa drpd rahmat Allah. Begitu juga org org yg telah bttaubat, mereka juga seolah olah masih perlu mati direjam walaupun telah tenang di dlm dakapan taubat mereka.

  6. Unknown says:

    Mana yang lebih luas Maha Pengampunan Allah dengan dosa Zina
    Mana yang lebih luas Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah dengan dosa zina.

    “Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [al-Furqân/25:70]


  7. Unknown says:

    Mana yang lebih luas Maha Pengampunan Allah dengan dosa Zina
    Mana yang lebih luas Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah dengan dosa zina.

    “Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [al-Furqân/25:70]


  8. Unknown says:

    Mana yang lebih luas Maha Pengampunan Allah dengan dosa Zina
    Mana yang lebih luas Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah dengan dosa zina.

    “Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [al-Furqân/25:70]


  9. Kalau contohnya Sye telah berzina dgn org gaji saya yang telah menikah adakah saya boleh di ampunkan oleh allah s.w.t

  10. Unknown says:

    Silahkan berpindah agama ke agama islam karena agama islam lah yg paling sempurna.minta ampun lah ke pada allah yg telah berzina,berjudi,dan berkhasiat.karena sesungguhnya allah lah maha pengampun.

  11. SAKERA says:

    Amalan apa yang bisa d lakukan untuk menghilangkan dosa zina selain yg pasti dan wajib bertaubat

  12. ima says:

    Banyak melakukan amal shaleh, banyak sedekah, dan menjaga silaturahim, dan sholat tahajud

  13. Jangan seperti itu, ajaklah org lain kearah kebaikan, pahamilah dr kasus diatas, dan telaah penjelasan dr org yg lebih mengerti, jelas ampunan Allah lebih besar dr apapun, jika perspsi anda mati adalah balasan dr taubat anda maka jangan takut mati, jika msh tkut mati maka taubatlah dan jangan melakukan kesalahan yg sama, inshaallah akan di ampuni dosa2 anda

  14. Banyak jalan menuju surga, saya ingin menulis ini karena inu adalah hasil pemikiran saya. Semuanya memang baik dan bagus. Maaf saya tidak bilang benar. Karena kebenaran mutlak itu hanya dimiliki org tertentu. Jadi, apakah di ampuni ? Iya ? Apakah di maafkan ? Iya ? Itu pasti dalam al quran secara jelas kita belajar banyak positif atau negatif pasti banyak positif. Dalam asmaul husna banyak positif atau negatif pasti juga positif saudara. Kita di dunia itu saya ibaratkan sbg wayang . Yang dimana tidak luput dari kesalahan dan juga khilaf.

  15. Banyak jalan menuju surga, saya ingin menulis ini karena inu adalah hasil pemikiran saya. Semuanya memang baik dan bagus. Maaf saya tidak bilang benar. Karena kebenaran mutlak itu hanya dimiliki org tertentu. Jadi, apakah di ampuni ? Iya ? Apakah di maafkan ? Iya ? Itu pasti dalam al quran secara jelas kita belajar banyak positif atau negatif pasti banyak positif. Dalam asmaul husna banyak positif atau negatif pasti juga positif saudara. Kita di dunia itu saya ibaratkan sbg wayang . Yang dimana tidak luput dari kesalahan dan juga khilaf.

  16. yukie says:

    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/dokter-jantung-beri-tips-makan-gorengsn.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/pinggul-bisa-melebar-jsuhi-4-kudaoan-ini.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/ngeri-kamu-akan-dibunuh-jika-pakai-baju.html

    Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

  17. Unknown says:

    kasih syg ALLAH meliputi seluruh alam
    kecelakaan oleh tangan manusia karena perbuatannya sendiri.manusia dilahirkn baik dan lurus namun org tua dan saiton iblislah yg menjerumuskan mereka.dn dlm percakapn ALLAH dan iblis.iblis bersumpah akn menyesatkn seluruh ummat manusia.dan ALLAH berkata silahkan kao sesatkan ya iblis tetapi kasih syg dan rahmatku lebih luas melebihi seluruh alam dan isinya.artinya kita semua pernah salh silaf dan lupa dlm kesadarn kita mengingat salah dan dosa dan secepatnya bertaubat,dan meninggalkan serta menahan diri dri maksiat dan zina insha ALLAH
    ALLAH maha pengampun ALLAH maha melihat ap ygtersimpan dilangit dan dibumi ALLAH maha tau ap yg tersimpan dihati setiap mahluk ciptaannya
    kesimpulannya jgnbpernh putus asa dri rahmat ALLAH subhanahuwataala...
    AllAHU ROBBI WAMUHAMMADINNABI

Leave a Reply